“… DAN DIA (ALLAH) JADIKAN SETIAP PENYAKIT ADA OBATNYA, MAKA BEROBATLAH KALIAN, TETAPI JANGAN BEROBAT DENGAN YANG HARAM.’’ (HR. ABU DAUD)

Rabu, 10 Februari 2010

Anda Bisa Tidak Produktif Karena Anemia





Pernahkah Anda atau orang di sekitar Anda tiba-tiba merasa pusing, mata berkunang-kunang kemudian diikuti oleh letih, lesu, lemah dan malas, lebih mudah mengantuk serta sering sakit-sakitan? Hati-hati! Jika sudah demikian mungkin Anda perlu memeriksakan diri ke dokter karena bisa jadi Anda kurang darah atau lebih dikenal dengan Anemia.

Anemia adalah suatu keadaan di mana jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin dalam sel darah merah berada di bawah batas normal. Hemoglobin dalam sel darah merah berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru dan mendistribusikannya ke seluruh tubuh. Seseorang yang terkena penyakit anemia kondisi sel darah merah atau jumlah hemoglobinnya berkurang sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah yang diperlukan tubuh, dampaknya seperti kondisi di atas, orang mudah letih, lesu, lunglai, mata berkunang-kunang, wajah pusat, badan seperti melayang yang pada akhirnya akan mengurangi produktivitasnya. Bila anemia bertambah berat, sangat memungkinkan menyebabkan stroke atau serangan jantung!!!

Penyebab umum dari anemia di antaranya adalah terjadinya perdarahan hebat karena kecelakaan, pembedahan, persalinan, pecah pembuluh darah, perdarahan hidung, wasir (hemoroid), ulkus peptikum, kanker atau polip di saluran pencernaan, tumor ginjal atau kandung kemih dan perdarahan menstruasi yang sangat banyak. Karena itu untuk sebagian wanita yang sedang menstruasi kadang mengalami anemia sehingga tidak produktif dalam bekerja.


Di samping karena faktor perdarahan di atas, anemia juga disebabkan oleh kekurangan zat atau vitamin seperti kekurangan zat besi, kekurangan vitamin B12, kekurangan asam folat, kekurangan vitamin C dan penyakit kronik. Atau bisa juga karena dampak dari beberapa penyakit lain seperti pembesaran limpa, kerusakan mekanik pada sel darah merah, reaksi autoimun terhadap sel darah merah, hemoglobinuria nokturnal paroksismal, sferositosis herediter, elliptositosis herediter, kekurangan G6PD, penyakit sel sabit, penyakit hemoglobin C, penyakit hemoglobin S-C, penyakit hemoglobin E dan Thalasemia

Sesorang dikatakan mengalami anemia bila hemoglobin kurang dari yang seharusnya, yaitu :

  • Pria dewasa kurang dari 13 gr


  • Wanita hamil, anak 1 tahun – masa puber kurang dari 11 gr


  • Bayi 3 bulan – usia 1 tahun kurang dari 9 gr


  • Bayi 1-3 bulan kurang dari 15 gr

Bagi Anda pelajar atau pekerja anemia ini sangat berpengaruh terhadap aktivitas dan prestasi Anda, karena orang yang terkena anemia biasanya daya pikir menurun dan kurang konsentrasi sehingga lambat dalam menerima pelajaran, menurunkan kebugaran tubuh sehingga tidak produktif dan mudah sakit. Dan bagi ibu yang sedang hamil, bila terkena anemia membuka peluang melahirkan bayi yang prematur atau melahirkan bayi dengan berat badan yang rendah, atau bisa juga memicu terjadinya keguguran.

Ternyata banyak juga ya efek negatifnya kalau kena anemia, belum lagi resiko stroke dan jantung. Karena itu ayo antisipasi agar tubuh kita terhindar dari anemia. Orang bijak bilang mencegah lebih baik daripada mengobati. Berikut ini sebagian cara untuk mengantisipasinya :

  • Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi yang terdapat pada sayur-sayuran segar seperti bayam, daun singkong dan kangkung. Anda juga bisa makan buah-buahan, kacang-kacangan (kedelai dan kacang merah), serta makanan hewani (daging, telur, limpa dan hati.


  • Bagi Anda yang suka minum teh dan kopi, mulailah mengurangi minum teh dan kopi, karena teh dan kopi ternyata dapat menghambat penyerapan zat besi. Bukankah memperbanyak minum air putih lebih sehat dan tentu saja murah?


  • Kurangi begadang atau tidur terlalu malam, bila tidak ada perlunya.


  • Biasakan untuk mengkonsumsi vitamin dan zat penambah darah. Kalau boleh menyarankan salah satu pilihan adalah minum suplemen herbal namanya HILBA PLUS, karena HILBA PLUS kaya dengan zat besi (Fe) untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Selain itu HILBA PLUS halal, juga dibuat dengan bahan-bahan alami pilihan di sebuah pabrik yang sesuai dengan standar Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) jadi selain tanpa efek samping juga terjamin higienitasnya.

Oleh : Harmonis Santara (dari berbagai sumber)


Tidak ada komentar: